Home >PAKET WISATA JOGJA Wisata Jogja >PAKET WISATA JOGJA Pinus Pengger

Pinus Pengger

Jika kalian sedang membahas tempat-tempat wisata di Jogja tentu tidak pernah ada habisnya. Apalagi kalau mengingat banyaknya tempat wisata alam dan wisata budaya di kota itu. Tidak hanya wisatanya saja, kuliner disana juga sangat banyak. Kalian juga mungkin merasa tidak asing dengan deretan pantai indah di Gunung Kidul. Bahkan kalian mungkin sudah sering mendengar wisata alam di daerah bantul. Kabupaten Bantul memang terkenal dengan banyaknya wisata alam. Mengingat tempat ini banyak didominasi perbukitan dan salah satu wisata yang terkenal adalah Hutan Pinus Pengger.

Sama halnya dengan hutan pinus kebanyakan, Pinus Pengger menyajikan pesona hutan pinus yang masih alami dan asri. Kalian bahkan bisa mencium aroma khas dari getah pohon pinus. Di Pengger, kalian dapat berjalan kaki untuk masuk ke wilayah hutan. Hutan ini tentunya banyak dipenuhi pohon pinus dengan ukuran yang sangat tinggi-tinggi. Karena pohon yang rapat dan tinggi-tinggi, kalian bisa mersakan suasana yang sangat teduh. Bahkan ada beberapa titik yang tergolong sedikit gelap. Dikarenakan cahaya matahari yang tidak bisa masuk menembus sampai ke bawah.

Lokasi Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger sendiri berada terletak di Dusun Sendangsari, Terong, Kec. Dlingo, Kab. Bantul. Jarak tempat ini dari pusat Kota Yogyakarta, kurang lebih 25 km. Sehingga dapat kalian jangkau dengan waktu kurang lebih 45 menit dengan menggunakan motor maupun mobil.

Topografi di Hutan Pinus Pengger hampir menyerupai kontur tanah pada tempat wisata Puncak Becici yang berbukit-bukit.  Buat bisa masuk sampai area hutan pinus, para wisatawan tidak bisa menggunakan kendaraan. Tapi harus berjalan kaki serta melewati cuiuo banyak anak tangga tanah. Pada saat musim penghujan kalian harus lebih berhati-hati. Karena tangga ini biasanya menjadi sangat licin. Jadi buat kalian yang berkunjung kesini pada musim hujan. Harus menggunakan alas kaki yang baik dan nyaman.

Selain bisa menikmati kesegaran serta keindahan hutan pinus. Para wisatawan juga bisa berfoto ria. Mengingat ada beberapa lokasi menarik serta spot foto yang dibuat oleh pengelola. Spot foto yang dimaksud seperti rumah pohon, lalu juga ada jembatan kayu yang dibuat dari pohon ke pohon. Serta instalasi seni berbentuk tangan raksasa yang dibuat dari jalinan kayu. Bahkan kalian bisa menemukan lubang raksasa yang menghadap langsung ke arah Jogja. Jika kalian berkunjung ke hutan pinus pengger malam hari, kalian dapat melihat kerlip lampu kota Jogja dari sini.

Rute Hutan Pinus Pengger

Walaupun wisata ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Bantul. Rute Hutan Pinus Pengger  lebih mudah jika melewati Jalan Wonosari. Jalan inilah yang menghubungkan Yogyakarta dengan wilayah Gunungkidul. Dari pusat kota Jogja, kalian hanya perlu menyusuri Jalan Wonosari, lalu ke Piyungan menuju Bukit Bintang. Setibanya kalian di Pathuk (GCD FM). Teruskan perjalanan ke arah Gunung Api Purba Nglanggeran. Lalu beloklah ke kanan mengarah ke Jalan Raya Patuk – Dlingo. Telusuri jalan itu kurang 4,5 km, kalian akan menemukan Hutan Pinus Pengger di kanan jalan.

Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger

Biaya masuk buat menikmati pesona serta pemandangan Hutan Pinus Pengger terbilang murah. Kalian hanya perlu membayar Rp2.500 per orang. Sedangkan untuk parkir motor kalian harus membayar Rp2.000. Jika kalian datang dengan mobil, kalian harus membayar Rp5.000. Jika kalian datang dengan rombongan menggunakan bis, kalian harus membayar Rp20.000. Buat kalian yang ingin berfoto di beberapa spot. Kalian hanya perlu membayar seikhlasnya untuk biaya perawatan  serta pengembangan tempat ini.

You may alo like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

customer service