Home > Wisata Alam > Kawasan Karst Kali Suci – Penelusuran Sungai Bawah Tanah

Kawasan Karst Kali Suci – Penelusuran Sungai Bawah Tanah

kawasan-karst-kali-suci

Kawasan Karst Kalisuci merupakan salah satu bagian dari Kawasan Karts Gunungsewu yang membentang hingga tiga kabupaten, yakni Kabupaten Gunungkidul (DIY), Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah), dan Kabupaten Pacitan (Jawa Timur). International Union of Speleology mengusulkan agar Kawasan Karst  Gunungsewu termasuk Goa Kalisuci masuk ke dalam salah satu warisan alam dunia pada tahun 1993. Pada 6 Desember 2004 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencanangkan kawasan ini sebagai kawasan eko karst.

Cavetubing merupakan aktivitas menyusuri gua dengan menggunakan alat bantu berupa perahu karet atau ban dalam. Kali Suci ini merupakan sungai yang memilliki air yang jernih dengan lebar bervariasi antara 5 sampai 10 meter. Sungai tersebut mengalir melewati gua-gua yang terdapat di Gunungkidul dan bermuara di laut selatan.

Terdapat lima gua yang terdapat dalam kegiatan cavetubing di Kali Suci yaitu Gua Suci, Gua Glatikan, Gua Gelung, Gua Gelung, Gua Buri Omah, dan Gua Brubug. Selama menelusuri gua-gua tersebut pengunjung akan menyaksikan berbagai ornamen gua yang indah beserta ekosistemnya. Juga terdapat tanaman perdu dan kelelawar yang bergelantungan pada atap gua yang akan menambah perjalanan menjadi semakin berkesan. Perlu sekitar dua jam untuk menelusuri gua tersebut dengan panjang 500 meter.

Selain untuk melakukan kegiatan cavetubing Kawasan Karst Kalisuci juga biasa digunakan sebagai kawasan wisata pendidikan. Seperti halnya Speologi atau ilmu tentang gua dan sekitarnya, Speleogenesis atau ilmu yang mempelajari tentang terbentuknya gua, dan morfologi kawasan batu kapur pada kawasan tersebut dapat dijadikan kawasan penelitian.

Tiket masuk dengan paket cavetubing : Rp 65.000,00/orang, akses untuk sementara belum ada kendaraan umum yang akan mengantarkan pengunjung untuk langsung menuju lokasi tersebut. Dengan menggunakan kendaraan pribadi pengunjung dapat mengarah ke Wonosari dengan menggunakan jalan Jogja-Wonosari. Kemudian pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Semanu

logoneRajanya Sewa – Rental Mobil Di Jogja

Office: Jombor Lor Rt 03 Rw 19 Sendangadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta Phone: (0274) 864 228 / (0274) 919 9014 Mobile: 0812 2569 5519 / 0819 0415 8499 Pin BB: 53F68EE2

Pesan Mobil / Booking Mobil

Gua Kalisuci

Setelah turun dari basecamp kita akan menyusuri Gua Kalisuci. Bagi yang berani nanti kita bisa melompat dari tebing yang agak tinggi langsung ke sungai gua Kalisuci dengan ketinggian lebih dari 3 Meter. Tidak perlu takut. Sendiri juga sudah mencoba. Lumayan mengasikkan. Setelah bermain air sebentar disitu nanti ketika regu yang terdiri lebih dari 10 orang sudah berkumpul maka pemandu akan memandu kita memasuki Goa Kalisuci sambil kita naik pelampung ban. Kedalaman sungai di Goa Kalisuci sekitar 2-3 Meter.

Gua ini lumayan gelap. Memang tidak disediakan lampu untuk menjaga ekosistem yang ada di gua ini seperti kelelawar dan burung kecil. Selain itu diatap atap gua yang lumayan tinggi kita bisa menikmati formasi batuan dengan berbagai stalagmit, stalagtit, formasi batuan gajah diatap gua. Guanya pun terlihat warna-warni. Gua ini panjangnya sekitar 600meter. Apalagi sambil dijelasin oleh para pemandu. Seolah-olah sedang tur.

Susur Sungai Kali Suci

Setelah keluar dari Gua Kali Suci maka kita akan menyusuri Sungai Kali Suci yang agak deras. Tapi sebelum dimulai kita bisa foto-foto atau bermain air terlebih dahulu. Susur sungai ini memang menantang apalagi sama teman-teman kita. Apalagi ketika kita berbenturan dengan batuan-batuan disekitar kita.

Setelah keluar dari Gua Glatik sampai ke finishnya. Durasinya memang lama. sekitar 2 jam terasa menyusuri sungai. namun waktu disana terlalu cepat karena terlalu asyik bermain air. walaupun sungainya terasa dingin. 😀

Finishnya berada sebelum masuk ke gua bawah tanah yang bermuara ke Pantai Baron. Digugusan Pantai Gunung Kidul. Namun tidak bisa kita masuki karena arusnya yang deras serta masuk ke dalam bawah tanah dengan bebatuan yang besar.

Kita bisa bermain air sebentar di situ atau langsung naik. Kalo ingin naik siapkan fisik karena jalur naiknya tinggi dan licin. 😀

You may alo like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

customer service