Home > Wisata Alam > Caving Gua Cerme “Menikmati keindahan stalagtit dan stalagmit yang tersembunyi di dalamnya”

Caving Gua Cerme “Menikmati keindahan stalagtit dan stalagmit yang tersembunyi di dalamnya”

gua-cermeBagi anda yang gemar melakukan caving, Gua Cerme menjadi salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan. Gua ini terletak di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Konon katanya, gua ini pernah menjadi tempat yang digunakan walisongo untuk menentukan keputusan-keputusan yang penting.

Salah satunya adalah tentang rencana pendirian Masjid Agung Demak. Walisongo adalah para ulama yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Ini membuat Gua Cerme juga memiliki peran penting dalam dakwah Islam di pulau Jawa. Dari namanya saja kita bisa melihat hal tersebut. Cerme berasal dari kata ceramah.

Dengan panjang antara pintu masuk dengan ujung keluarnya mencapai 1,3 km, gua ini menawarkan sensasi petualangan yang tak tertandingi. Lorong utama dari gua Cerme tembus ke Luweng Ploso sepanjang 950 meter, selebihnya ada beberapa percabangan, yakni di Gua Pandu, di bawah air terjun Grojogan Sewu, dan lorong buntu Air Suci.

logoneRajanya Sewa – Rental Mobil Di Jogja

Office: Jombor Lor Rt 03 Rw 19 Sendangadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta Phone: (0274) 864 228 / (0274) 919 9014 Mobile: 0812 2569 5519 / 0819 0415 8499 Pin BB: 53F68EE2

Pesan Mobil / Booking Mobil

Sebelum masuk ke mulut gua kita harus menaiki bukit yang jumlahnya hampir mencapai 800 anak tangga. Sedikit melelahkan, tapi pemandangan yang ada di samping kanan-kiri dijamin akan menghilangkan rasa lelah itu.

Setelah masuk ke dalam gua, kita bisa menikmati keindahan stalagtit dan stalagmit yang tersembunyi di dalamnya. Ini masih ditambah juga dengan aliran sungai yang mengalir di dalamnya. Sungainya tidak terlalu dalam, sekitar 1 -1, 5 meter. Bahkan di beberapa tempat, atap gua cukup rendah yang membuat pengunjung harus merangkak agar bisa melewatinya. Namun di ditulah terletak tantangannya.

Di dalamnya, anda bisa melihat banyak ruangan seperti panggung pertemuan, mustoko, air suci, watu kaji, pelungguhan/paseban, kahyangan, grojogan sewu, air penguripan, gamelan, batu gilang, dan lain sebagainya. Penasaran? Rasakan sendiri sensasinya.

You may alo like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

customer service