Home > Wisata Candi > Candi Plaosan “Hamparan Batu-batu Bersejarah”

Candi Plaosan “Hamparan Batu-batu Bersejarah”

candi-plaosanApakah yakin dengan keputusan anda kembali ke hotel usai berkunjung ke Candi Prambanan? Urungkan niat anda untuk kembali ke hotel, tidak jauh dari Candi Prambanan anda akan bertemu sebuah candi dengan rancang bangun perpaduan Buddha dan Hindhu. Candi ini bernama Plaosan berlokasi di Dusun Bugisan, Kec. Prambanan yang dibangun oleh Rakai Pikatan untuk permaisurinya Pramudyawardhani. Asal muasal Candi Plaosan sering disebut candi kembar dikarenakan komplek candi ini dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu Candi Plaosan Lor dan Kidul. Setiap bagian dari kedua candi ini memiliki kesamaan satu dengan yang lainnya. Tempat semedi berbentuk gardu di bagian barat serta keberadaan stupa di sisi lainnya dan teras berbentuk segi empat yang dikelilingi oleh dinding.

Candi Plaosan Lor memiliki halaman tengah dengan dinding yang berdiri mengelilingi pendopo berukuran 22 x 20 m dengan pintu masuk di sebelah barat. Di sisi timur pendopo terdapat tiga buah altar, yaitu selatan, timur dan utara. Setiap altar memiliki gambaran yang berbeda-beda,  Amitbha, Ratnasambhava, Vairochana dan Aksobya terdapat di altar timur, Manjusri terdapat di altar selatan dan Stupa Samantabadhara dan figur Ksitigarbha ada di altar utara. Sedangkan Candi Plaosan Kidul juga memiliki pendopo di bagian tengah dengan 8 candi kecil yang mengelilinginya terbagi menjadi 2 tingkat dan tiap-tiap tingkat terdiri dari 4 candi. Ada pula gambaran Tathagata Amitbha, Vajrapani dengan atribut vajra pada utpala serta Prajnaparamita yang dianggap sebagai “ibu dari semua Budha”. Beberapa gambar lain masih bisa dijumpai namun tidak pada tempat yang asli. Figur Manujri yang menurut seorang ilmuwan Belanda bernama Krom cukup signifikan juga bisa dijumpai.

logoneRajanya Sewa – Rental Mobil Di Jogja

Office: Jombor Lor Rt 03 Rw 19 Sendangadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta Phone: (0274) 864 228 / (0274) 919 9014 Mobile: 0812 2569 5519 / 0819 0415 8499 Pin BB: 53F68EE2

Pesan Mobil / Booking Mobil

Candi Plaosan secara utuh terdiri dari 50 candi perwara dan 116 stupa perwara, yang bisa dilihat secara utuh dari candi utama. Sisi sebelah utara dari Candi Plaosan terdapat bangunan terbuka yang disebut Mandapa, dari bangunan terbuka ini bisa ditemui prasasti yang di atas keping emas di sebelah utara candi utama dan prasasti yang ditulis di atas batu di Candi Perwara baris pertama. Ciri khas kuat dari Candi Plaosan terdapat pada permukaan teras yang halus. Hal ini berbeda dengan candi-candi yang lain yang dibangun di periode yang sama. Muncul perkiraan yang berbeda dari para ilmuwan Belanda, jika jika jumlah pendeta di wilayah itu sedikit maka mungkin teras itu digunakan sebagai sebuah wihara (tempat ibadah umat Budha).

Jika melihat sekeliling candi, anda akan tahu bahwa Candi Plaosan sebenarnya merupakan kompleks candi yang luas. Hal itu dapat dilihat dari adanya pagar keliling sepanjang 460 m dari utara ke selatan serta 290 m dari barat ke timur, juga interior pagar yang terdiri atas parit sepanjang 440 m dari utara ke selatan dan 270 m dari barat ke timur. Parit yang menyusun bagian interior pagar itu bisa dilihat dengan berjalan ke arah timur melewati sisi tengah bangunan bersejarah ini.

You may alo like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

customer service