Home >PAKET WISATA JOGJA Wisata Jogja >PAKET WISATA JOGJA Bukit Kali Kuning

Bukit Kali Kuning

Jika kalian berkunjung ke Yogyakarta kalian bisa menjadikan Kali Kuning sebagai tempat wisata. Seperti yang kalian tahu jika Yogyakarta menjadi salah satu tempat menarik di sekitaran lereng gunung Merapi. Tempat ini mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan. Tempat wisata ini sangatlah cocok dipakai buat berkegiatan camping, berkemah, maupun outbond training. Selama disana kalian bisa melihat pemandangan yang sangat menakjubkan. Karena sekitar wisata itu dihiasi dengan tebing dari bebatuan andesit yang sangat menakjubkan.

Wisata bukit Kali Kuning seringkali dipakai buat berbagai macam kegiatan. Dimulai dari tempat untuk refreshing, dijadikan tempat camping atau berkegiatan pramuka, bahkan tak jarang dijadikan tempat untuk pengambilan foto biasa hingga prewedding. Karena memang wisata kali kuning memiliki tempat yang indah. Pada zaman dulu, kali kuning dialiri air serta dikelilingi banyak pohon rindang disekitaran kali. Tapi semenjak musibah gunung merapi yang meletus pada beberapa waktu lalu. Membuat kali kuning berisikan batu-batu besar yang berserakan di sekitaran kali. Tapi sekarang tempat itu mulai ditumbuhi lagi dengan pohon serta rumput-rumput. Sehingga tempat ini mulai kembali terlihat indah walaupun air yang mengalir masih sedikit.

Tidak hanya sekedar rumput serta pepohonan saja. Di tempat wisata, kaliam juga bisa melihat banyak Bunga Kantung Semar  bermekar, kalian juga bisa menemukan pohon kina, bahkan beberapa hewan seperti ayam hutan, elang hitam bahkan elang jawa.

Sumber air Kali Kuning Jogja ini sendiri berasal dari mata air Umbul Wadon. Mata air ini berada pada ketinggian kurang lebih 1.250 mpl. Mata air ini juga sebenarnya merupakan hulu dari sungai Das Progo, Das Opak serta Das Oya.

Tidak jauh dari kali kuning, kalian bisa melihat Umbul wadon. Umbul wadon sendiri berasal dari patahan lempengan.bumi. Konon katanya, Umbul Wadon adalah tempat perhentian lahar dari gunung Merapi yang meluap keluar pada saat letusan besar. Untuk besar debit air di Kali Kuning yogyakarta kurang lebih 650 liter/detik pada saat musim penghujan serta kurang lebih 400 liter/detik pada saat musim kemarau.

Lokasi Wisata Kali Kuning

Jika kalian berminat buat berkunjung ke bukit Kali Kuning. Kalian bisa bermalam disana dan menemukannya dengan mudah. Karena disekitaran wisata bukit kali kuning banyak terdapat penginapan dengan harga terjangkau. Serta bisa menikmati keindahan serta kesejukan yang bisa kalian rasakan di waktu pagi.

Kalian juga bisa berfoto ria atau mengabadikan momen bersama keluarga serta teman-teman. Kalian juga bisa memotret pemandangan di lokasi ini, bahkan kalian akan terkagum-kagum.

Rute Kali Kuning

Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini, kalian bisa melewati dua jalur :

  • Rute kali kuning yang pertama dimulai dari Terminal Prambanan. Dengan menggunakan minibus jurusan Kaliurang, kalian bisa turun di Desa Doyo. Lalu lanjutkan perjalanan dengan angkutan desa menuju Kali Kuning. Untuk sampai ditempat wisata kalian bisa menuruni tangga dari bebatuan hingga tiba ke lokasi
  • Jika kalian dari Yogyakarta, ambil jalan menuju jalan Kaliurang. Setibanya di Pasar Pakem, kalian bisa Belok Kanan atau berjalan menuju ke arah Timur. Setelah itu kalian bisa berjalan ke arah Kali Kuning. Karena tidak bisa masuk, kalian bisa memarkirkan kendaraan di pinggir. Kemudian  berjalan menuruni tangga dari bebatuan. Untuk tiba di Kali Kuning kalian perlu berjalan sejauh 1 km.

Harga Tiket Masuk Wisata Kuli Kuning

Untuk harga tiket masuknya kalian perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000, dan Rp 25.000 untuk pemandu. Harga itu sudah termasuk air mineral buat selama di perjalanan. Pemandu biasanya akan menjelaskan mengenai hal-hal yang akan kalian jumpai.

You may alo like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

customer service