Home >PAKET WISATA JOGJA Wisata Jogja >PAKET WISATA JOGJA Puncak Dipowono

Puncak Dipowono

Sore itu jogja memang cukup cerah. Sayang rasanya jika hanya berdiam diri di rumah. Beberapa obyek wisata baru untuk menikmati sunset yang belum pernah saya datangi memang sudah masuk dalam list mingguan. Pilihan saya pun akhirnya jatuh pada obyek wisata bernama Canting Mas “Puncak Dipowono”. Ya, sudah lama memang saya ingin mengunjungi lokasi ini, namun baru terwujud beberapa hari yang lalu.

Canting Mas “Puncak Dipowono” merupakan wisata alam yang tergabung dalam Kawasan Wisata Terpadu Hutan Kemasyarakatan (Hkm) Kulon Progo dan dikelola oleh beberapa kelompok Hkm yang ada di wilayah tersebut. Secara keseluruhan, terdapat 7 kelompok Hutan Kemasyarakatan (Hkm) yang ada di Kabupaten Kulon Progo dan salah satunya adalah Hkm Sido Akur yang turut mengelola obyek wisata Canting Mas “Puncak Dipowono” ini.

Status kawasannya berupa Hutan Lindung (HL) sesuai keputusan pemerintah, sehingga pengelolaan yang dilakukan bersifat terbatas. Meskipun demikian, sarana dan infrastruktur yang ada sudah cukup lengkap dan terus mengalami perbaikan untuk menunjang aktivitas para wisatawan. Sebagai salah satu obyek wisata yang baru-baru ini telah diresmikan oleh pemerintah daerah, Puncak Dipowono memang masih dalam tahap pembangunan. Mulai dari perbaikan jalan menuju kawasan wisata, pembangunan pos jaga, dan beberapa fasilitas pelengkap lainnya. Namun para wisatawan tak perlu khawatir karena beberapa fasilitas wajib seperti lokasi parkir, toilet, warung makan, dan kantor informasi sudah ada dan berfungsi dengan baik. Canting Mas “Puncak Dipowono” ini terletak di Jalan Clereng – Tamanan Km. 6 Clapar II, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo.

Sesampainya di Puncak Dipowono, para pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam dari ketinggian yang hampir mirip dengan suasana di Kalibiru. Hamparan perbukitan hijau dan Waduk Sermo nampak terlihat indah di kejauhan. Vegetasi dominan berupa pepohonan jati, pinus, dan kayu putih turut menambah keindahan pemadangan di sekeliling obyek wisata. Seperti halnya Kalibiru, obyek wisata Puncak Dipowono ini juga menawarkanspot foto di atas pohon pinus yang tidak kalah menarik. Meskipun belum seramai Kalibiru, namun lokasinya yang berdekatan membuat obyek wisata ini layak untuk dikunjungi. Terlebih sebagai alternatif jika tidak telalu suka dengan keramaian. Terdapat satu buah spot foto di atas pohon pinus yang telah selesai dibangun. Selain  itu, juga terdapat beberapa gazebo dan tempat duduk untuk para wisatawan bersantai.

Rute menuju lokasi dari Jogja :

Rute 1 : Jogja – Jalan Wates – Stasiun Sentolo / Pasar Sentolo (jalan alternatif ke Wates) – Celereng – Pasar Clereng – Arah Kalibiru (liat papan petunjuk setelah pasar clereng) – Taman Wisata Watoe Gembel, ambil kanan (liat papan petunjuk) – Puncak Dipowono Canting Mas.

Rute 2 : Jogja – Jalan Wates – Kota Wates – Waduk Sermo – Kalibiru – Taman Wisata Watoe Gembel – Ambil arah ke Puncak Dipowono (sesuai papan petunjuk)

You may alo like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

customer service