Home > Wisata Jogja > Watu Amben

Watu Amben

Watu Amben merupakan kekayaan alam yang dikemas sedemikian rupa hingga enak untuk dinikmati. Lokasi ini sebenarnya mirip dengan bukit Hargodumilah atau sering disebut bukit bintang, dimana lokasi ini bukan sebagai tujuan utama wisata hanya sekedar sebagai tempat mampir melepas lelah. Kelebihan lokasi ini di banding dengan Bukit Bintang diantaranya memiliki udara yang lebih segar dan lebih aman karena tidak berada dipinggir jalan besar, memiliki sudut pandang yang lebih luas

Watu Amben berada di salah satu puncak jajaran bukit seribu, Gunungkidul namun secara administratif masuk wilayah kabupaten Bantul yakni desa Pandeyan, Kecamatan Piyungan.

Watu Amben merupakan istilah dalam bahasa Jawa, watu berarti batu sedangkan Amben berarti balai-balai atau tempat tidur. Sesuai namanya bentuk batu yang ada memang berukuran besar dan rata seolah seperti ranjang yang rata. Batu ini persis berada ditepi jurang yang tertanam dengan kedalaman ratusan meter. Konon ini merupakan tempat petinggi Kerajaan Mataram saat melintas dan beristirahat sambil memandang kedataran dibawahnya.  Sebelum banyak dikenal  orang lokasi ini sering digunakan para penduduk sekitar sebagai tempat beristirahat saat mencari rumput  untuk hewan ternaknya.  Selain enak sebagai tempat duduk, batu yang terletak di puncak tersebut dapat leluasa memandang kebawah dengan pemandangan yang hijau membuat rasa penat menjadi hilang. Pemandangan berupa landscape kota Yogyakarta dan sekitarnya, saat cuaca cerah Anda akan memandang beberapa puncak gunung seperti Merapi, Merbabu dan Sumbing bahkan kapal terbang yang naik turun di Bandara Adisucipto bisa menjadi pemandangan yang sangat menarik.  Jika Anda ingin membuat spot foto yang terbaik adalah pada waktu sore hari yakni sunset atau saat waktu malam saat cuaca cerah dengan penerangan rembulan dan bintang serta latar belakang berupa lampu penerangan yang terlihat kerlap-kerlip terhampar dibawahnya.

Untuk menuju lokasi ini sangat mudah, hanya saja harus menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada kendaraan umum yang melintas di lokasi. Melalui jalan Wonosari setelah melewati Bukit Bintang dan sampai ke perempatan Pathuk ambil arah ke Selatan atau belok Kanan ke arah Dlingo. Dari Lokasi ini kurang lebih hanya 1.5 km untuk sampai di Watu Amben

Untuk harga tiket masuknya hanya alan dikenakan biaya seikhlasbya. Sedangkan buat kalian yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 serta biaya mobil sebesar Rp 5.000. Sedangkan untuk wisata lava kalian bisa memilih paket dengan harga yang berbeda-beda.

You may alo like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

customer service